Rabu, 23 November 2011

ETIKA BISNIS COCA COLA

NAMA : GABRIELLE GIRI E

KELAS : 4EA12

NPM : 10208531

ETIKA BISNIS COCA-COLA

The Coca-Cola Company adalah perusahaan manufaktur terbesar, distributor, dan juga pemasar konsentrat minuman non-alkoholik dan sirup di dunia. Produk jadi dari Coca-Cola, telah dijual di Amerika sejak tahun 1886, dan sekarang telah dijual di lebih dari 200 negara.

Coca-Cola memiliki lisensi lebih dari 400 brands, termasuk diantaranya minuman ringan, air mineral, juice dan minuman juice, teh, kopi, minuman energi dan minuman olahraga. Sampai saat ini Coca-Cola telah tersebar di berbagai Negara, lebih dari 200 negara, oleh karena itu operasionalnya dibagi menjadi beberapa grup, yaitu :
Africa
East, South Asia and Pacific Rim
European Union
Latin America
North America
North Asia, Eurasia and Middle East
KALAU INGIN SEHAT MINUMLAH SUSU
Produk Coca-Cola adalah sama disetiap negara, namun dengan Brand yang berbeda karena disesuaikan dengan Negara setempat. Beberapa produk Coca-Cola adalah : Coca-Cola, Coca-Cola Classic, caffeine free Coca-Cola, caffeine free Coca-Cola Classic, Cherry Coke, Diet Coke, caffeine free Diet Coke, Diet Coke Sweetened with Splenda, Diet Coke with Lime, Diet Cherry Coke, Black Cherry Vanilla Diet Coke, Coca-Cola Zero, Fanta, Sprite, Diet Sprite/Sprite, dan lain sebagainya.
Coca-Cola percaya bahwa sukses tidaknya suatu bisnis tergantung dari kemampuan perusahaan dalam berhubungan dengan konsumennya, baik itu dalam hal produk maupun dalam hal lainnya, misalnya lingkungan maupun social. Sehubungan dengan hal tersebut maka Coca-Cola melaksanakan beberapa program sebagai wujud tanggung jawab dan kepeduliannya, serta unutk membina hubungan baik dengan lingkungan dan masyarakat sekitar.
Beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) yang telah dilakukan oleh Coca-Cola diantaranya adalah :
1. Workplace and Human right
Menerbitkan Workplace Rights Policy dan Human Rights Statement pada January 2007, kemudian melakukan training atau pelatihan kepada para karyawan diberbagai departemen dalam hubungannya denga hal tersebut. Salah satu isi dari Workplace Rights Policy dan Human Rights Statement tersebut adalah Employment Nondiscrimination.
2. Ethics and Compliance
Coca-cola telah melakukan lebih dari 63000 training/pelatihan mengenai Ethics and Compliance ini mulai dari January 2006 sampai July 2007. Training tersebut diantaranya berisi mengenai European Union competition law, Latin American competition law, financial integrity, intellectual property dan competitive intelligence, drug free workplace dan preventing workplace violence. Selain itu Coca-cola juga menggalakkan anti bribery compliance program pada tahun 2006 yang terdiri dari kebijakan dan aturan, training and audits.
3. Health and Safety
Coca-cola menjamin kesehatan dan keselamatan kerja seluruh karyawannya.
4. HIV/AIDS
Coca-cola telah mempunyai AIDS health care programs di Afrika sejak tahun 2002, dan sampai saat ini Coca-cola telah mengembangkan program tersebut hingga ke China, India and Russia
5. Sustainable Packaging
Coca-cola melakukan desain ulang kemasannya agar sesedikit mungkin menggunakan bahan baku dan juga dapat di daur ulang. Pada tahun 2006 jumlah kemasan yang ramah lingkunagn tersebut telah mencapai 97% dari keseluruhan unit produksinya.
6. Solid Waste Recycling
Daur ulang limbah padat selama tahun 2006 adalah sebesar 1.20 million metric tons, hal ini bearrti meningkat 1% dari tahun 2005.
7. Corporate Social Investment (CSI)
Pada tahun 2006, Coca-cola telah mengeluarkan dana sebesar $70 million, yang diantaranya disalurkan untuk community and economic development, $25 million; higher education, $20 million; culture and arts, $13 million; other, $7 million; health and social services, $3 million; environment, $2 million

Selain program-program Corporate Responsibility yang secara umum dilakukan oleh Coca-cola tersebut, disetiap “operating group” Coca-Cola juga mempunyai program Corporate Responsibility sendiri yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan setempat. Beberapa Program CSR sesuai dengan “operating group” tersebut diantaranya adalah :
1. Africa
Di Africa, system yang diterapkan Coca-Cola memberikan pengaruh yang positif terhadap perekonomian lokal dan Coca-Cola menjadi perusahaan besar yang produk-produknya banyak dikonsumsi oleh rakyat afrika. Oleh karena itu, Coca-Cola mempunyai komitmen untuk terus ikut meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan hidup rakyat Afrika.
Beberapa program yang telah dilaksanakan Coca-Cola diantaranya adalah :
Energy and Water Stewardship
Di Afrika Selatan, meluncurkan program Watergy, bekerja sama dengan USAID, yaitu program untuk meningkatkan kepedulian terhadap penggunaan air dan masalah sanitasi. Di Kenya, Coca-cola melakukan penanaman pohon sejumlah kurang lebih 12000. Sama seperti di Afrika Selatan, di Uganda, diluncurkan program air bersih.
Youth Development
Meluncurkan program Junior Achievement Worldwide, melalui The Coca-cola Africa Foundation dengan jumlah dana $500000.
Well-being
Meluncurkan program Dance4life, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap HIV/AIDS, dengan dana $2,5 million yang juga melalui The Coca-cola Africa Foundation.
2. Eurasia
Seperti kita ketahui bersama bahwa Eurasia merupakan tempat tinggal dari lebih kurang 2,1 million orang dan memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan Coca-Cola. Melalui program Water Stewardship dan Active lifestyles, Coca-Cola berkeinginan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda yang tentu saja bermakna, selain itu juga berkomitmen untuk menciptakan suatu pertumbuhan yang berkesinambungan.
Beberapa program yang telah dilaksanakan Coca-Cola diantaranya adalah :
Water Stewardship
Bekerja sama dengan UNDP, coca-cola mengalokasikan $7 million, untuk mengembangkan program Water Stewardship. Fokusnya berada di Kroasia, Kazakhstan, Romania, dan Turki.
Active lifestyles
Di ukraina dan Kroasia, Coca-cola bekerjasama dengan beberpa pihak, membangun lebih kurang 15 playground di enam kota dan melaksanakan kegitan olahraga unutk meningkatkan partisipasi remaja.
Environmental Stewardship
Di Rusia, meluncurkan program Green Teams, yang melibatkan 2500 sukarelawan, yang secara bersam mereka membersihkan jalan-jalan dan taman-taman di kota tersebut.
3. European Union
Dengan jumlah penduduk lebih kurang 473 million dan jumlah kolega/rekan bisnis lebih kurang 13.900, Coca-cola berkomitmen untuk membuat sesuatu yang berarti bagi Eropa dan berkontribusi dalam tanggungjawabnya kepada peraturan pemerintah hubungannya dengan gizi dan kesehatan.
Program-program yang dilaksanakan kurang lebih sama dengan operating group lainnya, yaitu :
Water Stewardship
Di Spanyol dan Polandia, Coca-cola bekerjasama dengan WWF untuk melaksankan program tersebut, yaitu fokus unutk meningkatkan kepedulian terhadap air bersih.
Well-being and Choice
Melakukan Nutrition Labeling, yaitu dengan mencantumkan seluruh kandungan kalori, nutrisi maupun bahan-bahan yang ada diproduk Coca-cola sehingga akan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk memilih dan menyesuaikan dengan diet, kesehatan, gaya hidup. Selain itu juga melakukan Responsible Marketing, yaitu dengan tidak melakukan iklan atau promosi kepada anak-anak.
Sustainable Packaging
Di Austria, Coca-cola melakukan investasi untuk membangun pabrik dengan kemasan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.
4. Latin America
Di Amerika Latin, Coca-cola lebih focus pada kesejahteraan, kesehatan, dan lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya program Movimiento Bienestar pada tahun 2006, dan kemudian juga diluncurkan program Accion Planeta.
Beberapa program yang telah dilaksanakan Coca-Cola diantaranya adalah :
Sustainable Packaging
Coca-Cola Mexico mengeluarkan Ultralight Bottle.
Water Stewardship
Meluncurkan program Motaguapolochic System di Guatemala bekerjasama dengan WWF. Program tersebut berisi antara lain tentang kepedulian terhadap tumbuhan dan watershed management.
Well-being and Choice
Meluncurkan program Movimiento Bienestar, yaitu program untuk mendukung tercapainya kesejahteraan, kesehtan, baik secara fisik maupun rohani.
Environmental Stewardship
Meluncurkan program Accion Planeta, yaitu program mengenai kepedulian lingkungan.
Energy and Climate
Di Brazil, Coca-Cola meluncurkan program Brazillian Rainforest Water, yaitu program untuk mendukung recovery Hydrographic Basins, reboisasi. Sedangkan di Mexico, Coca-Cola ikut dalam program restorasi tanah dan penanaman 30 million pohon.
5. North America
Seperti kita ketahui bersama bahwa North America merupakan tempat berdirinya Coca-Cola dan sekarang menjadi kantor pusat Coca-Cola. Di Amerika Serikat dan Kanada, Coca-Cola fokus pada Environmental Stewardship dan Youth Development.
Beberapa program yang telah dilaksanakan Coca-Cola diantaranya adalah :
Youth Development
Mendirikan Coca-Cola Scholars Foundation, dengan dana $32 million, khususnya dalam hal beasiswa pendidikan. Selain itu, meluncurkan program Reaching Out bekerjasama dengan sukarelawan yang bertujuan untuk mendukung berbagai program pendidikan, diantranya dengan mengajar di elementary dan middle school.
Water Stewardship
Coca-Cola bekerjasma dengan WWF, fokusnya adalah di Southeastern river, Rio Grande.
Energy and Climate Protection
Meluncurkan program Going Green, program untuk mendukung penghematan penggunaan energi, Coca-Cola mengalokasikan lebih kurang $3 million.
Sustainable Packaging
Mendirikan Recycle Bank.
Active lifestyles
Meluncurkan program National Park Foundation, dengan dana lebih kurang $2.5 million, yang digunakan untuk mendukung kepedulian tentang kegiatan alam, pendidikan, dan rekreasi.

6. Pacific
Dengan jumlah penduduk yang cukup besar yaitu lebih kurang 2.1 billion, di Pacific, Coca-cola mempunyai komitmen untuk membantu meningkatkan akses serta kesediaan terhadap air bersih. Selain itu Coca-cola juga mengintensifkan untuk membuat kemasan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.
Beberapa program yang telah dilaksanakan Coca-Cola diantaranya adalah :
Water Stewardship
Di Indonesia, Coca-cola meluncurkan program Cinta Air (Love Water), yaitu program penyediaan air bersih dan system sanitasi yang baik.
Youth Development
Meluncurkan program Little Red Schoolhouse di Filipina, yaitu program yang ditujukan bagi anak-anak yang kurang beruntung agar dapat mengenyam pendidikan dasar.
Sustainable Packaging
Coca-cola Hongkong, Swire Coca-cola HK (SCHK) meluncurkan Recycling Reserve, yaitu dengan membuat reserve vending machine untuk me-recycle PET bottle.
Energy and Climate
Meluncurkan program Bottling Plant Efficiencies.
Well-being
Bekerjasama dengan Chinese Foundation unutk meningkatkan kepedulian terhadap HIV/AIDS, kesehatan, dan pendidikan di Cina.
Disaster Recovery
Ikut dalam program Post-Tsunami Recovery Program in Asia. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan Coca-cola diantaranya adalah dam contructions, pnyediaan air bersih, sistem sanitasi dan lain sebagainya.


Daftar biaya perusahaan yang berhubungan dengan Corporate Social Responsibility dan Corporate Ethical Reporting:
1. Donasi untuk Coca-Cola Foundation : $ 100 million
Terdiri dari:
Dana untuk Corporate Social Investment: $ 70 million
Masing-masing terdiri dari;
- community and economic development: $25 million
- higher education: $20 million
- culture and arts: $13 million
- other: $7 million
- health and social services: $3 million
- environment: $2 million
Proyek di Croatia, Kazakhstan, Romania dan Turkey dalam
bidang penggunaan air: $ 7 million
Program perlindungan produktivitas dan kesehatan ekosistem
Hutan di Mexico : $ 6 million
Lain-lain : $17 million
2. Postretirement health care obligation untuk US : $ 224 million
3. Membangun bottle-to-bottle recycling di Austria (€15 million) : $ 21 million
Total biaya yang berhubungan dengan CSR dan CER : $ 345 million

Cost of Good Sold untuk tahun 2006 : $ 8, 164 million
Persentase biaya untuk CSR dan CER dibanding dengan cost of good sold:
$ 345 million x 100% = 4,2 %
$ 8, 164 million
Net income untuk tahun 2006: $ 5,080 million
Persentase pendapatan Coca-cola yang digunakan untuk CSR dan CER :
$ 345million x 100% = 6, 79 %
$ 5,080million
KALAU INGIN SEHAT MINUMLAH SUSU
Total biaya yang berhubungan dengan CSR dan CER pada Pepsi Cola : $ 58,5 million
Persentase biaya untuk CSR dan CER pada Coca-cola dibanding dengan Pepsi Cola:
$ 345 million x 100% =
$ 58,5 million

Tidak ada komentar:

Posting Komentar